Perbedaan Pasir Silika dan Pasir Kuarsa

Cikembar Natural Zeolite - Pasir Silika
Sering kita mendengar istilah "Pasir Kuarsa" yaitu pasir seperti pasir bangunan tetapi warnanya cenderung lebih atau mendekati putih. 

Pasir Kuarsa sangat dikenal baik dari bentuk, karakteristik, kegunaan, lokasi dan lainnya. Namun satu hal yang masih belum banyak orang tahu bahwa Pasir Kuarsa (menurut beberapa ilmuwan dan literatur) berasal dari bebatuan yang mengalami proses pengikisan (erosi) selama jutaan tahun lalu. Erosi ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti hujan, angin, air atau es, binatang atau dikenal dengan istilah “bio erosi”, atau material lainnya berkaitan dengan gravitasi.

Faktor - faktor tersebut adalah berdasarkan hasil penelitian dan analisa manusia. Sering kami menerima pertanyaan tentang perbedaan antara Pasir Kuarsa dengan Pasir Silika. Jika kita telaah dari kandungan kimia yang ada dalam Pasir Kuarsa maka terdapat suatu kandungan yang dinamakan “Silika” yang merupakan suatu kata yang diambil dari nama senyawa kimia SiliconDioxide atau Silika Dioksida (SiO2). Senyawa kimia ini mempunyai bentuk seperti kristal transparan, cenderung berwarna keputihan dan memiliki tingkat kekerasan dan titik lebur yang cukup tinggi.

Atas dasar kandungan SiO2 inilah maka orang sering menyebutnya sebagai Pasir Silika. Bahkan pasir yang memiliki warna putih juga sering dikatakan orang sebagai Pasir Silika. Semakin tinggi kandungan SiO2 maka warna pasir akan semakin putih karena semakin banyaknya volume satuan kristal dan juga adanya bias cahaya dari kristal tersebut.

Jadi kesimpulannya adalah Pasir Silika = Pasir Kuarsa.

Demikianlah sedikit ulasan tentang pengenalan Pasir Silika. Data-data diperoleh dari beberapa literatur tertulis dan juga dari beberapa pendapat para praktisi yang berkecimpung dalam bidang Pasir Silika ini.


Adv Welcome


Terimah Kasih atas kunjungan serta telah membaca artikel Perbedaan Pasir Silika dan Pasir Kuarsa yang dipostingkan oleh Andi Setiapermana pada hari Rabu, September 16.

Jika anda membutuhkan informasi mengenai harga, minimal order, kegunaan serta dosis pemakaian dari produk kami (Zeolite, Bentonite, Lignite, Clay, Lime/Kapur/Kalsium Karbonat/CaCO3,Pasir Silika/Pasir Kuarsa dan Arang Batok), silahkan hubungi kami :

CV KURNIA JAYA UTAMA

BBM : 597FAACA
Phone, SMS or WhatsApp : (+62)8586 3093 505 / (+62) 8772 0834 753
Email : zeolitecikembar@gmail.com
DISTRIBUTOR :

DICARI DISTRIBUTOR UNTUK WILAYAH LAINNYA !!


Artikel Terkait

comment 0 komentar:

Posting Komentar

Adv Welcome

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Powered by Blogger