Bahaya Pasir Gumpal (Bentonite) Bagi Kucing


Banyak Cat Lover tidak menyadari akan bahaya pasir gumpal yang terbuat dari Sodium Bentonite. Pasir Gumpal menjadi popular sebagai cat litter karena sifat dari Bentonite yang menggumpal ketika terkena air, maka bila terkena kencing kucing akan menggumpal dan mudah untuk di angkat sehingga pasir tetap kering.

Masalah muncul karena kebiasaan kucing yang sering menjilat kakinya setelah buang hajat sehingga bentonite yang menempel di kaki terjilat dan masuk melalui mulut -- akhirnya bentonite menumpuk di perut dan gumpalan membesar , membentuk benjolan keras yang membuat perut ke keadaan yang sama seperti pipa yang terblokir. Tubuh akan mencoba untuk membersihkan diri melalui diare yang berkelanjutan dimaana selama diare berlangsung perut tidak dapat menyerap nutrisi apapun. Sayangnya banyak dokter hanya mendiagnosis sebagai diare dan diresepkan obat diare padahal bila di X-RAY akan terlihat bentonite di perut kucing. Kucing akhirnya meninggal akibat kematian yang sangat menyakitkan -- Khususnya bagi anak kucing (kitten) yang berakibat fatal.

Sebenarnya kecurigaan terhadap bahaya Bentonite sudah sejak 1996, bahkan pernah di muat dalam sebuah jurnal Kedokteran Hewan Journal of Veterinary and Human Toxicology yang di tulis oleh Drh Hornvelt & Drh Westvall berjudul "Suspected Bentonite Toxicosis in a Cat from Ingestion of Clay Cat Litter" (October 1996) tetapi saat itu belum ada internet sehingga penyebaran Informasinya tidak maksimal. Baru pada tahun 2009, setelah seorang Cat Lover Marina Michaels menulis di blognya karena kematian kittennya yang disebabkan oleh Bentonite dan terbulti karena ia lakukan autopsi isu ini menjadi viral di internet. "Clumping Clay Kitty Litter : A Deadly Convenience?"


Bahaya Silica Gel Bagi Kucing

Banyak produsen cat litter mencampur bentonite dengan silica gel sebagai pewangi dan meningkatkan daya serap. Silica gel terbuat dari bahan sintesis sodium silicate yang biasanya dipakai dalam kemasan product vitamin atau barang-barang electronic yang bertujuan untuk menyerap air dalam kemasan sehingga produk tersebut tidak tumbuh jamur dan tetap kering. Karena hal itulah silica gel banyak di pakai untuk cat litter karena dapat menangkap air. Pada tahun 1997 International Agency for Research on Cancer mengklasifikasikan silica gel sebagai bahan Carcinogen yang dapat menimbulkan kanker bila tertelan.Tentunya apa yang menjadi berbahaya bagi manusia juga berbahaya bagi kucing dan sudah di pastikan kucing akan menjilat kakinya dan menelan silica gel .


Bahaya Bila terhisap

Bentonite adalah pasir yang mempunyai serbuk cukup halus dan gampang terbang bila kucing menggaruk pasir nya untuk mengubur kotoran. Debu bentonite dapat masuk ke paru-paru dan menggumpal di paru-paru yang tentunya dapat berakibat fatal perhatikan apakah kucing anda sering bersin-bersin setelah membuang hajat. Seorang peneliti perilaku binatang Peter L. Borchelt, Ph.D melakukan penelitian terhadap kucing peliharaan yang menderita penyakit pernafasan, setelah di teliti melalui electron-microscopy dan x-ray spectroscopy ternyata paru-parunya banyak terdapat partikel bentonite. "Detection of silica particles in lung wash fluid from cats with and without respiratory disease"

Tanda-Tanda

Beberapa tanda yang perlu anda waspadai bila terjadi hal ini adalah
  1. Kucing mengalami diare 
  2. Bila buang hajat sulit 
  3. Keluar darah di kotoran atau kencing 
Bila ketiga atau salah satu hal ini terjadi cek perutnya apakah terjadi benjolan (bengkak) dan apabila benjolan tersebut di pegang sakit bila benar maka ada kemungkinan bahwa terjadi penjumbatan bentonite dan segera bawa ke dokter minta untuk di X-RAY perutnya.

KONKLUSI

Pemilihan pasir kucing bukanlah hanya sekedar mencari kemudahan untuk membersihkan tetapi kita juga harus memperhatikan kesehatan kucing Memang tidak dalam semua kasus bentonite menyumbat ada kalanya bentonite dapat keluar melalui kotoran tetapi apakah anda akan menaruh kucing anda dalam resiko.  UTAMAKAN KESELAMATAN KUCING ANDA DI ATAS KEMUDAHAN ANDA !! Satu-satunya pencegahan adalah memakai cat litter organik yang terbuat dari kayu atau kertas, atau bila anda tetap memakai pasir karena murah pergunakan pasir biasa (ziolite) yang bukan gumpal seperti yang kami produksi. Memang dengan pasir biasa anda lebih repot karena tidak menggumpal tetapi kucing anda tidak terancam.

sumber :
http://www.vetinfo.com/clumping-cat-litter.html
http://kapush.net/cat-litter/sodium-bentonite-cat-litter-dangers/
 http://www.naturalnews.com/041255_kitty_litter_bentonite_clay_harmful_ingredients.html
http://thelighthouseonline.com/articles/clump.html
http://kapush.net/cat-litter/silica-gel-cat-litter-problems/
http://www.stuffweuse.com/Lungwash.html

Adv Welcome


Terimah Kasih atas kunjungan serta telah membaca artikel Bahaya Pasir Gumpal (Bentonite) Bagi Kucing yang dipostingkan oleh andi setiapermana pada hari Rabu, Agustus 5.

Jika anda membutuhkan informasi mengenai harga, minimal order, kegunaan serta dosis pemakaian dari produk kami (Zeolite, Bentonite, Lignite, Clay, Lime/Kapur/Kalsium Karbonat/CaCO3,Pasir Silika/Pasir Kuarsa dan Arang Batok), silahkan hubungi kami :

CV KURNIA JAYA UTAMA

BBM : 597FAACA
Phone, SMS or WhatsApp : (+62)8586 3093 505 / (+62) 8772 0834 753
Email : zeolitecikembar@gmail.com
DISTRIBUTOR :

DICARI DISTRIBUTOR UNTUK WILAYAH LAINNYA !!


Artikel Terkait

comment 0 komentar:

Posting Komentar

Adv Welcome

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Powered by Blogger